PKS Sengaja Tak Diundang Setgab, Gara-gara Tolak BBM Naik


PKS Sengaja Tak Diundang Setgab, Gara-gara Tolak BBM Naik - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemarin mengumpulkan anggota koalisi pendukung pemerintah untuk membahas kenaikan harga bahan bakar minyak. Di antara semua anggota Sekretariat Gabungan, hanya Partai Keadilan Sejahtera yang tidak diundang.

"Mereka memang (sengaja) tidak diundang," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Rabu, 12 Juni 2013. Menurut Syarief, seluruh anggota koalisi kecewa dengan sikap PKS yang menolak kenaikan harga bahan bakar minyak.

Apakah PKS akan terus tidak diundang dalam rapat Setgab? Syarief menyatakan keputusan ini tergantung bagaimana sikap PKS selanjutnya. Menurut Menteri Koperasi dan UKM ini, dalam berkoalisi seharusnya dibangun kebersamaan. Namun, dia menghargai sikap PKS yang berbeda pendapat. Dia menyesalkan adanya perbedaan pendapat di tubuh koalisi. "Biarkanlah rakyat yang menilai," ujarnya.

Kesepakatan koalisi menyatakan, jika terjadi perbedaan pendapat dalam isu strategis akan diupayakan komunikasi politik guna mencari solusi terbaik. Jika tidak ditemukan kesepahaman, partai politik bisa mengundurkan diri dari koalisi.

Bilamana terjadi ketidaksepakatan terhadap posisi bersama koalisi, terlebih menyangkut isu yang vital dan strategis, seperti yang tercantum dalam butir 2 tersebut di atas yang justru dituntut kebersamaan dalam koalisi, semaksimal mungkin tetap dilakukan komunikasi politik untuk menemukan solusi yang terbaik. Jika partai politik tak mengundurkan diri, pada hakikatnya kebersamaan telah berakhir. "Kami akan lakukan sesuai code of conduct," kata Syarief.

sumber